Bermain Pasir dan Kecerdasan Anak

Bermain Pasir dan Kecerdasan Anak

Ketika liburan, maka tempat-tempat wisata penuh dengan pengunjung, tak kalah ramainya adalah pantai. kenapa pantai menjadi incaran pengunjung, karena pantai menyajikan suasana alam yang alami, jauh dari hiruk pikuk kota dan kepenatan rutinitas kantor atau sekolah. Ada wahana alam yang disediakan secara gratis oleh pantai, yaitu pasir. tekstur pasir memiliki keunikan tersendiri, pasir akan masuk kedalam jemari jika dipegang, bisa dibentuk menjadi bentuk tertentu, dan indera peraba kita akan merasakan sensorik berbeda.

Anda memutuskan untuk ke pantai bersama si kecil? Anda tidak salah pilih, bermain pasir buat anak adalah permainan yang menyenangkan dan mereka akan mendapatkan manfaat dari bermain pasir itu sendiri, yaitu :

  1. Sensori

Pasir merupakan benda yang tepat untuk memberikan pengalaman sensori pada anak. Anak akan mempelajari tekstur pasir yang basah dan kering. Tiap-tiap pantai juga memiliki jenis pasir berbeda, baik dari tekstur juga kecerahan warnanya.

  1. Kreativitas

Bermain pasir merangsang kreativitas anak. Lengkapi aktivitas bermain pasir anak dengan memberikan beberapa peralatan pendukung, seperti sekop, sendok, dan beberapa cetakan bentuk tertentu. Biarkan anak membuat pasir menjadi berbagai macam bentuk sesuai kreativitas dan imajinasinya.

  1. Sosialisasi dan emosi

Saat bermain pasir bersama temannya, anak akan belajar bagaimana cara bersosialisasi dan bekerjasama. Biarkan anak bekerjasama bersama temannya, kemampuan ini mesti dilatih sejak kecil, karena kemampuan bersosialisasi sangat bermanfaat di kemudian hari. Bermain pasir juga dapat menenangkan hati dan perasaan anak yang sedang sedih.

  1. Melatih fisik

Saat bermain pasir, kemampuan fisik anak akan terasah. Anak akan menggunakan kedua tangannya untuk mengangkat pasir dan membuatnya menjadi berbagai bentuk.

5. Kognitif

Anak melihat perbedaan pasir basah dan pasir kering, menambah kosa kata tentang kering dan basah, kental dan encer. Anak melihat jumlah pasir yang sama, punya bentuk berbeda bila dimasukkan ke dalam tempat berbeda. Belajar sebab-akibat, apa yang terjadi bila pasir basah diberi pasir kering, ketika pasir basah ditambah air, ketika pasir basah dituang dari ember, dan sebagainya.

Buat Anda yang tidak bisa liburan ke pantai, ada solusi bagi Anak Anda agar bisa bermain pasir didalam rumah…Nah loh?! jadi kotor donk rumahnya…belepotan sama pasir pantai….Jawabannya TIDAK jika bermainnya menggunakan Pasir Kinetik. Pasir kinetik merupakan campuran pasir dengan bahan sintetis yang berbahan aman menghasilkan pasir yang memiliki tekstur lebih lembut dari pasir pantai, tidak berantakan, dan hanya menempel pada pasir kinetik itu sendiri. Anda berminat untuk membeli produk mainan edukatif pasir kinetik? Klik disini untuk membeli.

Baca Juga : Cara membuat sendiri Pasir Kinetik di rumah