Sebelum Mendaftarkan Anak Pendidikan Usia Dini, Berikut Tips Persiapan yang Bisa Dilakukan

Nugroho Helmy CahyoTips dan InfoLeave a Comment

Bunda, si kecil sudah semakin besar ya sekarang.

Duh..duh…duh… ia juga sekarang sudah semakin cerewet serta rasa ingin tahunya menjadi sangat besar. Melihat teman-temannya yang berusia lebih besar darinya sudah bersekolah, kini ia pun seringkali merengek ingin ikut sekolah. Alasannya pun beragam dari mulai sudah adanya minat dan ketertarikannya dalam diri si kecil atau mungkin karena si buah hati seringkali merasa kesepian saat teman-temannya yang lain pergi ke sekolah. Nah, demikian tidak ada salahnya jika ditahun ajaran baru ini bunda memasukannya ke playgroup.

Tahun ajaran baru kini hampir tiba. Setelah anak-anak menjalani masa liburan semester yang begitu panjang, kini mereka akan kembali disibukkan dengan segala rutinitas pagi dan kegiatan sekolahnya. Si kakak yang biasanya bangun siang dan selalu ada dirumah menemani si adik bermain, kini ia harus kembali bangun pagi dan pergi ke sekolah. Tak ayal, kebiasaan si adik yang senantiasa bersama dengan si kakak dan bermain berdua, kini akan mulai menampakan wajah yang murung, cemberut dan bahkan seolah nampak gelisah. Pada akhirnya, si buah hati akan mulai merengek dan menjadi begitu rewel.

Nah, jika sudah begini mungkin sudah saatnya anda mendaftarkan si kecil ke playgroup agar mereka bisa belajar dan mendapatkan pendidikan usai dini.

Ya, pendidikan usia dini playgroup atau yang saat ini dikenal dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan kelompok bermain pada satuan pendidikan anak usia dini. Untuk anak-anak yang menempuh pendidikan ini, biasanya mereka hanya akan menempuh waktu setengah hari dalam belajar. Namun, ada pula beberapa playgroup yang menyelenggarakan pendidikannya lebih dari setengah hari saja. Selain itu, umumnya anak-anak yang dikirim ke playgroup kebanyakan siswa yang berasal dari kedua orangtua yang bekerja. Sehingga rutinitas anak dari pagi hari hingga sore dijemput orangtuanya di sekolah.

Para staff yang ada di playgroup akan mendampingi anak-anak dalam bermain, belajar, tidur siang dan lain sebagainya. Adapun rentang anak-anak yang sudah mulai dikirim ke playgroup yakni usia 2-4 tahun.

Memang sudah banyak anak-anak di zaman saat ini yang dikirim ke playgroup, mempersiapkan anak-anak dengan pendidikan sedini mungkin memang sudah sepantasnya diberikan oleh orangtua. Anak-anak yang diberikan pendidikan sejak usia mereka masih dini akan memberikan pondasi yang lebih kuat untuk mempesiapkan si kecil dalam menghadapi dunia pendidikan yang sesungguhnya. Dengan begini, saat mereka mulai berskolah di sekolah formal, maka mental si anak akan mulai terbiasa dengan kondisi dan lingkungan pendidikan sehingga akan mudah untuknya bisa beradaptasi.

Akan tetapi, sebelum si kecil memulai pendidikan usia dininya, pastikan bahwa mereka tahu terlebih dahulu apa saja yang akan mereka hadapi di sekolahnya tersebut. Dengan begini, setidaknya si kecil akan memiliki gambaran dan menentukan sendiri bagaimana mereka bisa bertindak.

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda terapkan pada si kecil sebelum mereka didaftrakan ke lembaga pendidikan usia dini.

Sebelum mendaftarkan si kecil ke pendidikan anak usia dini adalah penting sekali bagi orangtua mempersiapkan banyak hal. Beberapa poin diatas adalah segelintir tips penting yang perlu orangtua perhatikan sebelum mereka memutuskan mengirim anak-anaknya ke sekolah usia dini.

(Visited 294 times, 1 visits today)

Leave a Reply